Cek Kebenaran Nama dan Data Anda di DIKTI sebelum ikut UKOM Bidan !!! - UKOM Kebidanan -->

Cek Kebenaran Nama dan Data Anda di DIKTI sebelum ikut UKOM Bidan !!!

Cek Kebenaran Nama dan Data Anda di DIKTI sebelum ikut UKOM Bidan !!!


Hai teman-teman sahabat ukombidan.blospot.com semuanya, disini kami akan menyajikan artikel spesial untuk teman-teman semuanya, dan dihari ini kami akan meyajikan dan membahas mengenai pengecekan namadan data diri kita sebelum ikut dan terdaftar didalam UKOM Bidan tahun 2019. Berikut ini panduan dari kami mengenai panduan pengecekan nama dan data diri sebelum mengikut Uji Kompetensi Kebidanan secara Nasional tahun 2019 berdasarkan pengumuman resmi dari ristekdikti.go.id.

  1. Hal yang pertama teman-teman lakukan yaitu dengan mengecek apakah Nama, dan data diri teman-teman tersebut sudah benar atau belum ? Jika masih salah, maka cepat-cepat hubungi Prodi Jurusan untuk diminta pengubahan data yang valid dan benar.
    data diri didalam website forlap.ristekdikti.go.id
    data diri didalam website forlap.ristekdikti.go.id
    Hal yang tidak kalah penting dicek setelah kita wisuda dan mendapatkan Ijazah yaitu status kita di porlaf DIKTI Lulus / Aktif. Jika status di forlap Dikit anda Lulus maka selamat anda dapat mengikuti Uji Kompetensi Bidan. Namun Jika masih tertulis Aktif, maka segera hubungi Prodi jurusan untuk mengubah data Aktif menjadi Lulus.

  2. Setelah, pengecekan nama dan data diri selesai, hal yang selanjutnya dilakukan teman-teman yaitu mengecei keabsahan ijazah, apakah sudah terdaftar di Forlap dikti atau belum, Caranya yaitu dengan membuka website https://ijazah.ristekdikti.go.id/
    pengecekan data Ijazah di Forlap Dikti
    pengecekan data Ijazah di Forlap Dikti
    Pastikan bawah nama kita benar dan data kita valid. Apabila data ada yang tidak sesuai, maka segeralah hubungi pihak Prodi jurusan untuk meminta konfirmasi pengubahan data diri di Forlap Dikti.


Setelah, data-data tersebut sudah valid dan benar di Forlap Dikti, maka langkah selanjutnya mengubah data diri kita yang telah terdaftar online di https://ukbidan.ristekdikti.go.id/index.php/login.

Berikut ini kami sampaikan pengumuman langsung oleh ristekdikti.go.id mengenai tata cara pengubahan data kita sebelum mengikut Uji Kompetensi Bidan.

Pengumuman Perbaikan Data Peserta Uji Kompetensi Nasional Tenaga Kesehatan


Sehubungan dengan masih terdapat kesalahan dalam ejaan nama, tempat dan tanggal lahir serta, NIM peserta Uji Kompetensi Nasional Tenaga Kesehatan . Maka harus dilakukan perubahan data mahasiswa/Lulusan dengan mekanisme sebagai berikut.
  1. Perguruan Tinggi melalui operator PD-Dikti di tingkat Perguruan Tinggi harus melakukan Ajuan Perubahan Data Mahasiswa di laman forlap.dikti.go.id dengan melampirkan file pendukung sebagai berikut

    1. Untuk mahasiswa yang masih aktif
      1. Scan Kutipan Akta Lahir ASLI/Berwarna
      2. Scan KTP ASLI/berwarna
      3. Scan Kartu Tanda Mahasiswa sesuai Jenjang Asli/berwarna
      4. jika berupa fotocopy mohon dilegalisir/cap basah dari pejabat berwenang

    2. Untuk perubahan data mahasiswa yang sudah lulus (perubahan Nama, Nama ibu kandung, tanggal lahir, tempat lahir)
      1. Scan Kutipan Akta Lahir ASLI/Berwarna
      2. Scan KTP ASLI/berwarna
      3. Scan Transkrip Nilai ASLI/berwarna
      4. Scan Ijazah ASLI/berwarna
      5. jika berupa fotocopy mohon dilegalisir/cap basah dari pejabat berwenang

    3. Perubahan data mahasiswa (perubahan NIM)
      1. Surat Keterangan Perubahan NIM dari pejabat yang berwenang dan dicap basah (bila mengajukan perubahan NIM
      2. Scan Kutipan Akta Lahir ASLI/Berwarna
      3. Scan KTP ASLI/berwarna
      4. Scan Transkrip Nilai ASLI/berwarna
      5. Scan Ijazah ASLI/berwarna,
      6. Jika berupa fotocopy mohon dilegalisir/cap basah dari pejabat berwenang

  2. Admin Prodi yang mendaftarkan peserta melalui aplikasi ROL Uji Kompetensi Nasional Tenaga Kesehatan melakukan permintaan perubahan data mahasiswa di aplikasi ROL sesuai dengan program studinya masing (ukners.dikti.go.id; ukbidan.dikti.go.id; dan ukperawat.dikti.go.id) tatacara dapat dilihat di panduan sinkronisasi ulang dibawah ini :

PANDUAN SINKRONISASI ULANG DATA PESERTA UJI KOMPETENSI NASIONAL TENAGA KESEHATAN


  1. Buka browser/peramban anda (disarankan menggunakan Google atau Mozilla Firefox) ketikan alamat berikut (sesuaikan dengan Prodi Kesehatan)
    1. ukbidan.dikti.go.id (untuk program studi D3 kebidanan)
    2. ukperawat.dikti.go.id (untuk program studi D3 keperawatan)
    3. ukners.dikti.go.id (untuk program studi profesi Ners)

  2. kemudian pilih Menu Pendaftaran Online
    tata cara perubahan data UKOM
    menu pedaftaran online

  3. Kemudian isikan data anda, yaitu
    1. Ketikan email anda (yang sudah didaftarkan menjadi username) dikolom Email
    2. ketikan password (yang sudah didaftarkan sebagai password) di kolom Password
    3. ketikan kode yang muncul di layar CAPTHA (harus sama persis berfungsi untuk membatasi spam) dikolom dibawah layar CAPTHA
    4. kemudian klik tombol SIGN IN

  4. Pilih Menu Setting --> Data Peserta

  5. Kemudian isikan nama mahasiswa/i yang ingin di perbaharui/sinkronisasi ulang dengan data yang sudah di perbaiki di PD-Dikti dengan mengetikkan kata kunci dengan kriteria NAMA di kolom KATA KUNCI kemudian klik tombol CARI

  6. kemudian akan muncul halaman berikut, silahkan klik kotak sebelah kiri baris NIM (lihat gambar), setelah itu silahkan klik icon PENSIL di bawah caption ACTION (lihat icon yang dilingkari warna merah)
    perubahan data peserta ukom
    perubahan data peserta ukom

  7. silahkan scroll down/geser bawah sampai muncul tampilan berikut, kemudian ceklist pada bagian PERUBAHAN o Permintaan perbaruan data, kemudian klik tombol CEK PDDIKTI

  8. Tunggu sampai muncul pesan, ini berarti ditemukan perbaruan data di PDDIKTI, silahkan klik tombol OK, setelah menu pesan menghilang silahkan klik tombol SIMPAN.

  9. Nanti akan muncul pesan konfirmasi bahwa mahasiswa/i dengan NIM yang terdaftar sudah sukses dilakukan pembaharuan data/sinkronisasi ulang

Demikianlah tahapan - tahapan untuk melakukan sinkronisasi ulang dengan data PDDIKTI, silahkan dilanjutkan untuk melakukan kegiatan selanjutnya seperti SETTING SERTIFIKAT dan CETAK SERTIFIKAT

Mohon admin Prodi melakukan koordinasi dengan operator PD-Dikti di Perguruan Tinggi.


Note : Ketidaksamaan data PD-Dikti dengan data pada aplikasi ROL Uji Kompetensi Nasional Tenaga Kesehatan berakibat ketidaksamaan data ijazah dengan data sertifikat uji kompetensi/profesi sehingga akan kesulitan dalam pengurusan STR (Surat Tanda Registrasi) sebagai tenaga kesehatan.

Sumber : ristekdikti.go.id dan telah diedit oleh www.ukombidan.blogspot.com

Demikianlah artikel kami ini, semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan segera ubah data anda di DIKTI secepatnya jika mengalami kesalahan. Terimkasih telah berkunjung dan belajar disini. Terus belajar latihan soal-soal UKOM Bidan dari blog kita ini dan ajak teman-teman kalian semuanya belajar latihan soal disini. Terimakasih atas partisipasi teman-teman semanya. Sampai jumpa lagi yaa.

0 Response to "Cek Kebenaran Nama dan Data Anda di DIKTI sebelum ikut UKOM Bidan !!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel