Contoh Soal Essay Kasus Kala 3 Part 1 - UKOM Kebidanan -->

Contoh Soal Essay Kasus Kala 3 Part 1

Contoh Soal Essay Kasus Kala 3


Hai teman-teman, berikut ini telah kami siapkan 2 buah kasus soal kebidanan yang terjadi dikala 3 persalinan. Semoga soal dan jawaban ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yaa. Selamat belajar.

Contoh Soal Essay Kasus Kala 3
Contoh Soal Essay Kasus Kala 3

Kala III Kasus 1

Setelah berlangsungnya satu persalinan dimana kala I dan II berlangsung secara normal dan penatalaksanaan kala III menggunakan metode aktif. Selama pemeriksaan kehamilan diketahui bahwa bukan penderita hipertensi dan tidak memiliki kelainan jantung. Pada persalinan kala III diberikan injeksi sintometrin intra muskuler dan dilanjutkan dengan observasi tanda-tanda separasi plasenta.

1. Apakah dalam kasus ini terdapat kontra indikasi pemberian sintometrin ?

  • Jawaban : Tidak , tapi hendaknya dipastikan dulu apakah ini bukan peristiwa persalinan gemelli?

2. Apakah kala III ini ditangani dengan metode aktif yang benar?

  • Jawaban : Tidak. Plasenta harus dilahirkan saat ada kontraksi uterus dengan melakukan talipusat terkendali dan bukan hanya mengamati adanya tanda separasi plasenta.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan uterus untuk ber kontraksi setelah diberikannya sintometrin?
  • Jawaban : 2 – 3 menit pasca pemberian

4. Apa yang harus dikerjakan bila kontraksi uterus muncul?
  • Jawaban : Dilakukan traksi talipusat dengan tangan kanan dan tangan kiri melakukan tekanan suprasimfisis untuk mendorong uterus keatas (traksi talipusat terkendali). Separasi dan persalinan plasenta terjadi saat kontraksi uterus.

5. Apa yang harus dikerjakan bila tidak terjadi separasi plasenta setelah kontraksi uterus pertama?

  • Jawaban : Kontraksi uterus berikut terjadi 5 – 6 menit setelah injeksi sintometrin intramuskuler. Setelah kontraksi uterus berikutnya terjadi, lakukan traksi talipusat terkendali kedua untuk mencoba melahirkan plasenta. Sebagian besar plasenta yang tidak lahir pada tarikan talipusat terkendali pertama akan lahir pada traksi talipusat terkendali berikutnya.

Kala 3 Kasus Ke 2

Parturien kala I dan II normal ditolong oleh bidan di rumahnya. Kemungkinan adanya anak kedua disingkirkan melalui pemeriksaan palpasi abdomen dan penatalaksanaan kala II dikerjakan dengan metode pasif. Setelah 30 menit tidak ada tanda-tanda separasi plasenta. Ditegakkan diagnosa Retensio Plasenta dan direncanakan untuk merujuk parturien ke RS untuk tindakan berikutnya (plasenta manuil).

1. Apakah diagnosa Retensio Plasenta benar?

  • Jawaban : Salah. Diagnosa Retensio Plasenta hanya bisa ditegakkan bila penanganan kala III dilakukan dengan metode aktif. Diagnosis kasus ini adalah kala III memanjang.

2. Apa yang harus dilakukan pada kala III memanjang?

  • Jawaban : Plasenta dilahirkan dengan metode aktif yaitu dengan menyuntikan sintometrin dan melakukan tarikan talipusat terkendali setelah timbul kontraksi uterus.

3. Apa yang harus dilakukan pada kasus Retensio Plasenta yang terjadi di Rumah Bersalin?

  • Jawaban : Lakukan rujukan ke Rumah Sakit untuk tindakan plasenta manuil.

4. Kemungkinan komplikasi persalinan lain apa yang mungkin terjadi pada penderita ini?

  • Jawaban : Perdarahan pasca persalinan akibat atonia uteri

5. Pada kasus ini, bagaimana dapat melakukan rujukan ke rumah sakit secara aman?

  • Jawaban : Pasang infus RL 500 ml yang berisi 5 u oksitosin dan pastikan bahwa kontraksi uterus dapat terjadi dengan baik. Ukur tekanan darah dan nadi setiap 15 menit

Sumber : Kumpulan Soal UKOM Bidan Indonesia

Baikalh cukup sekian dulu perjumpaan dan pertemuan kita kali ini dengan judul Contoh Soal Essay Kasus Kala 3. Semoga apa yang telah kami berikan dan sajikan diatas tersebut berguna dan bermanfaaat untuk teman-teman semuanya. Terimakasih atas kunjungannya dan sampi jumpa lagi yaa.

0 Response to "Contoh Soal Essay Kasus Kala 3 Part 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel